Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022

20220607604.jpg

Tema 'Satu Bumi' kembali menjadi tema utama dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2022 ini. Dari bantaran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, anggota pramuka berkumpul untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022.


Anggota dan andalan pramuka yang datang dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka turun langsung ke Bendung Katulampa didampingi para anggota dari Kwarcab Kota Bogor yang diketuai oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Cicilia Sulastri menyatakan, aksi pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal bagi generasi muda dinilai sangat strategis.

Proses pendidikan kepramukaan di gugus depan atau gudep yang merupakan ujung tombak dan garda terdepan dapat menjadi pelopor gerakan ramah lingkungan bagi generasi muda dan masyarakat

"Pada tahun 1974 Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama dirayakan dengan tema Hanya Satu Bumi, dan hari ini kembali menjadi tema hanya satu bumi atau Only One Earth. Dengan fokus kepada hidup berkelanjutan dalam harmoni dengan alam," jelas Cicilia.

Tema yang diambil lanjut Cicilia, untuk menjamin keberlanjutan dan kehidupan generasi mendatang dibutuhkan gerakan sosial yang kuat dan meluas. Pramuka yang dekat dengan gerakan sosial tersebut diharapkan dapat turut serta berperan dalam kebaikan lingkungan hidup demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Dengan mengajak gerakan pramuka Indonesia menjadi lokomotif perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup di negeri ini, diharapkan pramuka menjadi green inspirator. Anggota pramuka di Indonesia saat ini ada sekitar 25 juta jiwa.

Editor : dlh

Share On : Twitter Facebook Google+